Skip to main content

MENGHIDUPKAN KEMBALI SEMANGAT GOTONG ROYONG oleh Bupati Kab. Sumbawa Barat

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh
Apa kabarnya para readers? Udah masuk 2019 nih, apa resolusimu di tahun 2019? I’m comeback with new article nih. Postingan pertama di tahun 2019. Postingan yang pastinya bikin kalian tambah pinter dengan hal-hal baru, karena materi yang disampaikan langsung dari para orang berpengalaman loh. Pastinya pada gak sabar kan buat baca? Yuk cus daripada banyak opening, langsung aja kita ke intinya.
Seperti biasa jadwal kuliah Kapita Selekta dilaksanakan setiap hari Rabu. Namun sekarang agak berbeda. Kuliah tetap dilaksanakan pada hari Rabu, namun diubah dari jam 8 pagi, menjadi jam 2 siang. Karena kita selaku mahasiswa yang mengambil matkul ini dianjurkan menguti kuliah umum yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kedengeran gak nyambung ya? Tapi ternyata yang mengisi materi pada kuliah umum siang itu adalah Bupati Kab. Sumbawa Barat. Yap, betul sekali, di KSB merupakan tempat beroperasinya tambang mineral terbesar di NTB yaitu PT. Amant Mineral. Itulah sebabnya Pak Rektor, selaku dosen pengampu kami mengimbau mahasiswanya untuk hadir pada kuliah umum siang itu.
Kuliah umum siang itu berjudul “Menghidupkan Kembali Semangat Gotong Royong” yang diisi langsung oleh pak Bupati KSB dan dimoderatori oleh dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Pak Bupati sendiri bernama Bapak Dr. Ir. H. W Musyafirin. MM. Kuliah umum hari itu dilaksanakan pukul 02.00 di Gedung RPK Universitas Teknologi Sumbawa. Pertama, kuliah umum tersebut dibuka oleh sambutan dari Rektor Universitas Teknologi Sumbawa. Setelah itu barulah materi dimulai.
Sebenarnya, gotong royong merupakan budaya lama yang telah ada di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu, nilai budaya tersebut semakin terkikis karena perubahan zaman. Oleh karena itu KSB menjadikan nilai gotong royong sebagai motto di daerah nya, untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong pada masyarakat, dan menjadikannya sebagai suatu poin penting dalam pembangunan daerah. Di KSB, masyarakat mempunyai kebiasaan unik yaitu, setiap malam Jum’at mereka berkumpul untuk Yasiinan, lalu diakhir acara mereka akan saling mengungkapkan unek-unek nya secara bebas. Pak bupati juga sempat memberi pujian pada kami karena civitas UTS merupakan orang orang generasi milenial, namun masih peduli dengan nilai gotong royong. Karena menurut beliau, generasi milenial punya kelemahan karena efek perubahan zaman yaitu kurangnya fokus terhadap tujuan hidupnya. Begitu mudahnya menerima informasi dari internet, membuat dirinya agak sedikit kurang fokus terhadap tujuan dirinya sendiri. Mereka mempunyai cita-cita, namun kurang fokus karena terlalu banyaknya informasi yang diterimanya. Beliau pun menambahkan bahwa generasi milenial punya pemikiran halusinasi, hidup di dunia maya, identitas aslinya tersembunyi di dunia maya. Jadi relasi hubungannya pun akan berubah. Mereka akan mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. Oleh karena itu nilai gotong royong sangat penting dihidupkan kembali dikalangan generasi milenial, agar nilai budaya asli nenek moyang kita ini tidak luntur oleh jaman. Dan lebih lanjutnya, pak bupati akan mengajak generasi milenial untuk tidak sekedar menghidupkan semangat gotong royong tersebut, namun mengaplikasikannya pada kehidupan sehari-hari dan masyarakat, dan menanamkan nilai ini untuk membangun kawasan kawasan terpencil di daerah daerah di Indonesia.
Sekian review singkat materi yang dapat saya sampaikan lewat blog ini, kurang lebihnya mohon maaf. Semoga dapat bermanfaat bagi readers maupun writers. Terimakasih banyak.
Wassalamualaiku warrahmatullah wabarakatuh


#KAPSEL2018UTS
#KAPSELUTS2018
#METALURGI
#UNIVERSITASTEKNOLOGISUMBAWA

Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Kuliah di HANYANG UNIVERSITY , Korea Selatan

Assalamualaikum warrahmatullah wabarakatuh 안영하세요 여러분들!!! Annyeonghaseyo yorobundeul...how are you? I hope you all fine in there and in good health exactly. Gimana? Udah kangen review-review author belum? Review yang pastinya upgrading your knowledge nih buat para readers. Seperti biasa, author kembali dengan review materi yang disampaikan oleh pemateri di kelas Kapita Selekta di prodi Teknik Metalurgi Universitas Teknologi Sumbawa. Pertemuan seperti biasa dilaksanakan pada Rabu setiap minggunya. Pertemuan kali ini berlangsung pada hari Rabu, 19 Desember 2018 pukul 08.00 di Perpustakaan Universitas Teknologi Sumbawa. Nah pemateri kece kali ini bernama Kak Desy Maulina yang lulusan S2 di Hanyang University di Korea Selatan, makanya pembuka kali ini saya pake bahasa Korea hehe. Beliau jurusan Kimia Anorganik di Hanyang University (한양대학교). Beliau pun kuliah disana dengan beasiswa LPDP. Jadi sharing session kali ini kak Desy berbagi tentang bagaimana pengalaman beliau untuk mendapat be

POTENSI DAN SUMBER DAYA MINERAL DI SUMBAWA, NTB

Assalamualaikum wr.wb Akhirnya setelah seminggu dari postingan saya sebelumnya, saya kembali lagi dengan postingan blog baru saya. Seperti biasa saya akan memposting review singkat dari materi yang telah disampaikan pada mata kuliah yang saya ambil yaitu Kapita Selekta. Review singkat ini saya buat dengan tujuan berbagi ilmu yang saya dapatkan selama saya mengambil mata kuliah Kapita Selekta pada jurusan Teknik Metalurgi di Universitas Teknologi Sumbawa. Materi review saya kali ini tentang “ POTENSI DAN SUMBER DAYA MINERAL DI PULAU SUMBAWA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT “ yang disampaikan oleh Kepala Balai ESDM yaitu Pak Syamsul Ma’rif S.T beserta jajaran team nya yang hadir pada Rabu, 31 Oktober 2018 di Perpustakaan Universitas Teknologi Sumbawa. Pertama tama beliau memaparkan gambaran umum NTB. Provinsi yang terletak di wilayah tengah Indonesia ini terdiri atas dua pulau besar yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Moyo, Pulau Bedil